Kamis, 24 November 2011

Serabi Prancis Mak Nyuss!

http://images.detik.com/content/2011/11/24/933/mbbpralinectt.jpg
Dulunya, bistro (restoran kecil) ini berlokasi di Jalan Kemang Raya. Tetapi, beberapa tahun terakhir ini Praline pindah tempat ke Jalan Cipete Raya. Agaknya untuk mendekati Sekolah Prancis yang tentunya merupakan traffic yang menjanjikan bagi Praline.

Bistro ini utamanya menyajikan crepes ? yaitu serabi atau pancake tipis khas Prancis. Di Paris dan kota-kota Prancis lainnya, kita selalu dapat melihat penjaja crepes di pinggir jalan. Aromanya harum, mengundang siapa saja yang lewat. Untuk jenis snack, topping yang populer antara lain adalah pisang, mentega coklat (Nutella), dan mentega kacang.

Tetapi, Praline tidak hanya menyajikan crepes sebagai snack, melainkan juga sebagai main course. Untuk membedakannya, jenis crepes manis sebagai snack dibuat dari tepung terigu. Sedang jenis crepes gurih dibuat dari gandum (buckwheat, seperti bahan yang dipakai untuk membuat soba).

Crepes manis (harga rata-rata Rp 40 ribu) dapat dipesan dengan berbagai toppings, seperti: apple compote, saus karamel, irisan peach, pisang bakar, strawberry, es krim. Dapat juga disiram dengan sedikit Chantilly.

Untuk crepes gurih yang setara dengan sandwich, harganya rata-rata Rp 65 ribu. Favorit saya adalah L'Alaska, yaitu crepe dengan ikan salem asap (smoked salmon), krim kocok, ditaburi sedikit caviar. Mak nyuss!
Ada juga La Russe yang isinya adalah beef steak. Atau La Complete yang merupakan pilihan ham atau ayam, telur, dan keju.

Bagi saya, porsi savory crepe ini sangat sesuai untuk makan siang ringan. Satu porsinya rata-rata sekitar 450 kalori ? dengan protein jauh lebih banyak daripada karbohidrat.

Bila Anda sudah terbiasa dengan konsep makan ringan "serabi Prancis" ini, Anda juga bisa memilih La Galette. Ini adalah crepe gurih/asin dari gandum yang disajikan dengan mentega, dan isinya dapat dipilih dari berbagai jenis: telur, keju, tumis jamur, merguez (sosis kambing pedas), beef pepperoni, ham, atau ayam. Kalau sudah "pintar" makan La Galette, Anda sudah sangat mirip orang Prancis. He he he.

Ah, crepe terlalu kecil untuk ukuran perut Anda? Jangan khawatir. Praline juga menyajikan hidangan "normal", kok. Ada l'escargot yang cocok dipesan sebagai appetizer. Kemudian dilanjutkan dengan grilled salmon atau Le Saucisse Vigneron yang non-halal. Pencuci mulutnya adalah homemade ice cream dan sorbet.

Ou la la! C'est la fete.
http://shoppingandnews.com/resources/images/uploaded/image/franc.jpg 

http://shoppingandnews.com/new/resources/images/news/default/ser.jpg



sumber :http://www.detikfood.com/read/2011/11/24/110125/1774569/933/serabi-prancis-mak-nyuss?d992201933

Tidak ada komentar:

Posting Komentar