Kamis, 24 November 2011

Peugeot 3008 1.6 A/T perpaduan antara MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle) dan hatchback

http://www.duniaotomotif.net/wp-content/uploads/2011/10/Honda-1.jpg

Layaknya mengikuti trend yang sedang mendunia, kini di Indonesia juga sedang ramai mendatangkan kendaraan dua alam alias perpaduan dua kolaborasi yang dinamai crossover. Dimulai dengan Suzuki SX4 kemudian Nissan Juke yang kehadirannya cukup fenomenal dan kini tak ketinggalan pula pabrikan asal Prancis yang menghadirkan Peugeot 3008 serta masih banyak lagi agen pemegang merek APM yang bermain di kelas ini.

Peugeot 3008 adalah sebuah mobil dengan Konsep utilitas tinggi alias all terrain dengan segudang inovasi di dalamnya, baik dari sisi desain ataupun teknologi. PT Astra Peugeot Sales, selaku agen pemegang merek (APM) Peugeot di Indonesia, resmi memperkenalkan mobil yang diimpor langsung alias CBU dari pabrik perakitan Peugeot di Sochaux, Prancis pada Juli tahun lalu.

Jika dicermati, Peugeot 3008 merupakan perpaduan antara MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle) dan hatchback. Hal ini bisa bisa dilihat dari bentuk bodi, tongkrongan kaki-kaki dan bentuk buritan yang memiliki overhang cukup minim namun memiliki sensasi berkendara layaknya sedan khas Eropa.

Eksterior

autosport

Europe Crossover style, inilah yang coba disajikan pabrikan berlogo singa berdiri lewat desain crossover pertamanya. Bentuk keseluruhan body yang tambun dengan grill melebar ditambah head lamp yang memiliki tatapan tajam serta posisi fog lamp yang tinggi membuat mobil ini terasa cukup berbeda jika diajak berkendara di jalan, kata lainnya anda seakan memliki suatu prestige tersendiri jika mengendarainya

Sedangkan lampu belakang berbentuk segitiga asimetris yang dihiasi dengan lubang seperti sarang lebah. Melihat sedikit ke bawah tampilan bokong 3008 begitu padat berisi apalagi ditambah pelek Alloy berdiameter 17?. Sungguh tampilan yang sedikit kontras dengan sisi bagian depan, tapi itulah sensansi yang coba dihadirkan Peugeot 3008. Dengan segudang tampilan uniknya sangat pantas mobil ini dijuluki mobil masa depan.

Interior

Peugeot

Ketika masuk kedalam kabin hal yang sama disajikan pada eksteriornya juga tersaji pada sisi interiornya yang mewah. Desain hitech bagai berada di dalam kokpit pesawat terbang serta daya pandang dan kabin cukup luas bagi pengemudi maupun seluruh penumpang. Sedangkan pada bagian tengah terdapat konsol yang tinggi dengan kapasitas cukup besar sekaligus berfungsi juga sebagai sandaran tangan bagi pengemudi.

Yang menarik pada konsul tengah adalah terdapatnya teknologi automatic electronic parking brake yang berlogo (P) yang pengoprasiannya hanya dengan menginjak pedal rem lalu mengangkat electronic parking brake dengan sentuhan kecil saja, berbeda dengan rem tangan konvensional yang cukup menguras tenaga bila menariknya. Selain teknologi automatic electronic parking brake mobil ini juga dilengkapi tombol cruise control yang letaknya berada pada tuas sebelah kiri, jadi enggak perlu ngegas untuk membuat mobil tetap melaju.

Interior Peugeot 3008 1.6 A/T


Sedangkan control audio berada dituas sebelah kanan di bawah tuas pengaturan wiper. Masih dalam lingkup konsul tengah, karena mobil ini dibawa secara utuh atau CBU dari Perancis, jadi didekat tuas transmisi terdapat snow mode yang memiliki fungsi untuk berkendara dalam trek bersalju, namun tentunya di Indonesia kita tidak perlu menggunakannya bukan. Sementara in car entertainment mobil ini tidak usah diragukan lagi, karena tim bosmobil pernah membawa mobil ini ke workshop audio ternama dan mendapat tanggapan yang sangat positif mengenai suara yang dihasilkannya serta kemudahan pengoprasian.

Tapi yang agak sedikit disayangkan adalah tidak adanya port untuk konektivitas USB.
Satu lagi yang membuat mobil ini cukup menarik perhatian, yaitu bagasi belakang yang fleksibel sehingga bisa tersususun menjadi tiga bagian terpisah berbentuk seperti rak-rak yang besar. Daya tampung bagasi Peugeot 3008 mencapai 512 liter, dan bila jok belakang dilipat maka akan menjadi 3X lipat lebih yaitu 1604 liter. Wooww ? bayangkan barang apa saja yang bisa anda bawa di dalamnya.

 EP6CDT Turbo, 16 valve, VVT, VVL 1.598 cc


Peugeot membekali 3008 dengan mesin terbaru EP6CDT Turbo, 16 valve, VVT, VVL 1.598 cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 156 daya kuda pada 5.800 rpm dan torsi 340 Newton meter pada 1.400 rpm. Tenaga itu disalurkan ke roda melalui sistem transmisi otomatis tiptronic enam percepatan alhasil ketika dipacu dijalan bebas hambatan mobil ini dapat melaju hingga 150 km/jam, cukup besar untuk kapasitas mobil yang hanya 1600cc. Berjalan dilintasan yang penuh bebatuan juga bukan masalah bagi crossover yang satu ini, tapi sayangnya suspensi terasa begitu keras. Mengenai konsumsi bahan bakar, crossover berlogo singa berdiri ini mampu menempuh jarak 10 km/liter.

Tak ketinggalan, Sejumlah fitur keamanan khas mobil mewah-pun ikut mendampingi performa mesin yang responsif, seperti Electronic Stanility Program (ESP), Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Brake Asisstance (EBA). Selain itu pada roda depan dipasang ventilated disc with diagonal circuit system dan disc diagonal circuit system di roda belakang.

Selain Teknologi keamanan, teknologi keselamatan yang dimilikinya juga bisa dibilang di atas rata-rata. Bahkan Euro NCAP (new car assessment program) memberikan rating bintang 5. Beberapa fitur keselamatan itu adalah adanya Automatic Hazard Warning Light yang akan menyala saat mobil melakukan pengereman mendadak. Ditambah sabuk pengaman 3 titik untuk pengemudi dan penumpang depan dengan pretensioner dan gyrometer di pangkal pilar B. Perangkat tersebut berfungsi membatasi kekencangan ikatan seatbelt kala terjadi kecelakaan, dan mengendurkan kembali sehingga lebih mudah dilepas. Namun sedikit nilai minus, sebagai mobil Eropa yang modern 3008 tak memiliki fitur otomatis yang bersifat memudahkan pengendaranya, karena saat mengisi bahan bakar mengharuskan pengendaranya keluar dan mematikan mesin untuk membuka tutup bensi yang masih dikerjakan secara manual.

Price & Style

Peugeot 3008 1.6 A/T


video





sumber :http://www.duniaotomotif.net/781/peugeot-3008-1-6-at-perpaduan-antara-mpv-multi-purpose-vehicle-suv-sport-utility-vehicle-dan-hatchback.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar