Jumat, 25 November 2011

Manusia Jadi 'Nelayan' Sejak 42 Ribu Tahun Lalu!

Headline
Los Angeles - Penelitian terbaru mengungkap bahwa ternyata manusia sudah mulai menangkap ikan lautan dalam sejak puluhan ribu tahun lalu.

Seperti yang dikutip dari ST, penelitian yang dilakukan para ilmuwan Australia ini mengungkap bahwa manusia sudah menjadi ahli menangkap ikan lautan dalam, seperti tuna, hiu dan barrracuda, sejak 42 ribu tahun lalu.

Ikan sudah masuk menjadi pola makan manusia sejak 1,9 juta tahun yang lalu. Para penangkap ikan paling awal ini menyusuri danau, tanpa membutuhkan perahu ataupun perangkat lainnya. Hingga kemudian mereka memutuskan untuk mulai menangkap ikan di laut.

Bukti-bukti teranyar ini terungkap dari penggalian situs di bagian tenggara pulau Timor Leste, di mana ditemukan tulang-tulang ikan tuna dan ikan lautan dalam lainnya di dalam sebuah gua purba.

Dengan menggunakan teknik penanggalan, sebuah tim yang dipimpin oleh arkeolog Sue O' Connor dari Australian National University, mampu meneliti usia gua yang diperkirakan sudah berusia 42 ribu tahun tersebut; membuatnya sebagai salah satu bukti terawal dari penangkapan ikan laut oleh manusia.

Temuan ini dilaporkan di dalam jurnal Science edisi hari Jumat. [mor]

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUz3uW744dqs41719OVhE80CBwqu4qsl1baiKEMLXOcEgbrxcv1hLLmyOMMKIL-1722CZEb081mvejWVMUyw_e4NUFyM3balXLDhFYYn0_guJ3y9xy4bhyphenhyphenCtXERH2Mj0eNbZlRl1I9Um8H/s1600/1.JPG
tempat ditemukannya alat pancing purba



sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1800498/manusia-jadi-nelayan-sejak-42-ribu-tahun-lalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar