Rabu, 23 November 2011

Easy Green Living In Office "Langkah Mudah Menghijaukan Kantor Ala Duta Lingkungan"

Green Office


Stress!!! Itulah ungkapan yang sering kita dengar jika membicarakan pekerjaan yang padat. Gaya hidup di kota besar yang serba modern, praktis dan cepat juga membuat kita harus berpacu dengan waktu. Akhirnya bekerja terasa berat sekali. Tapi ada cara jitu untuk mengurangi stress dalam bekerja, misalnya ciptakan suasana asri di dalam kantor dengan menaruh tanaman hidup di ruangan atau ciptakan gaya hidup hijau di kantor anda, caranya :




> Menekan tombol penyiram toilet sekali saja.



> Manfaatkan semaksimal mungkin sistem komputerisasi atau online dalam setiap keperluan. Gunakan sistem atau fasilitas online di kantor. Kendati kertas tetap dibutuhkan, paling tidak sudah mengurangi penggunaan kertas.



> Ganti format undangan rapat dengan mengirimkan email atau SMS, bisa juga menggunakan situs jejaring sosial, sekalian mengajak para karyawan melek teknologi, agar mereka dengan mudah mendapatkan info penting dari kantor dimanapun mereka berada dengan cepat dan tanpa kertas.



> Simpan File-file dalam bentuk soft copypada Hardisk, flashdisk atau CD. Print jika benar-benar butuh saja.



>Sesedikit mungkin menggunakan mesin fotocopy dan fax. Jika membutuhkan kliping informasi dari media cetak, scan saja lalu simpan file soft copy-nya atau jika mau mengirimnya, gunakan email ketimbang harus dengan fax. Lalu sebaiknya hindari penggunaan thermal fax paper (Kertas berupa gulungan dengan permukaan licin), sebab kertas semacam ini dilapisi bahan kimia yang tidak bisa didaur ulang.



> Untuk mengeprint file yang sifatnya tidak formal atau bukan untuk kepentingan khusus, sebaiknya print bolak-balik.



> Manfaatkan kertas bekas yang baliknya masih kosong. Bisa dipotong kecil-kecil untuk memo, bisa pula untuk mencoret-coret draft sementara.



> Gunakan Paving blok di lahan parkir, karena aspal dansemen menghambat penyerapan air.



> Matikan monitor PC dan atur komputer pada posisi sleep atau hibernate saat rapat atau istirahat.



> Siang hari bukalah tirai jendela kantor agar matahari dapat masuk dan membantu penerngan dalam ruangan, karena 17% energi yang digunakan rata-rata perkantoran terbuang percuma karena dibiarkan menyala pada saat cahaya matahari terang benderang. Duduklah membelakangi jendela, agar sinar matahari yang masuk tidak terhalang komputer atau Rak.



> Hindari penggunaan Screensaver karena mengonsumsi banyak energi.



> Pertimbangkan memakai laptop ketimbang dekstop dan Gunakan layar LCD ketimbang monitor biasa karena lebih hemat listrik.



> Gunakan tinta inkjet karena lebih hemat energi ketimbang printer laser. Jangan lupa matikan printer setelah selesai menggunakannya.



> Gunakan amplop dari bahan daur ulang. Sebisa mungkin hindari penggunaan label. Jika hendak menuliskan alamat pada amplop, sebaiknya print langsung di amplop.



> Jika anda memesan makanan dari luar kantor, sebaiknya hindari penggunaan styrofoam, sendok, garpu plastik atau sumpit sekali pakai.
Sumber : Buku Easy Green Living





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7767344

Tidak ada komentar:

Posting Komentar