Kamis, 01 Desember 2011

Kista Ganglion, Kista pada Tendon atau Sendi


http://www.klikdokter.com/userfiles/398px-Ganglion-cyst.jpg
Kista ganglion merupakan benjolan non kanker berisi cairan (kista) yang paling sering berkembang di sepanjang tendon atau sendi pada pergelangan tangan atau tangan. Kista ganglion juga dapat muncul di kaki.

Kista ganglion dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap dari waktu ke waktu. Penyebab pastinya belum diketahui. Dalam banyak kasus, kista ganglion akan menyebabkan sakit dan tidak memerlukan pengobatan.

Sering kali, kista ganglion dapat sembuh sendiri. Pengobatan untuk kista ganglion biasanya dilakukan karena sakit atau gangguan dengan gerakan sendi atau karena masalah kosmetik.

Pengobatan kista ganglion biasanya terdiri dari mengambil cairan dari kista ganglion atau pengangkatan kista.
http://www.dokterumum.net/wp-content/uploads/2011/05/Kista-Ganglion.jpg
Penyebab

Penyebab kista ganglion tidak jelas. Kista tersebut tumbuh dari sendi dan tampaknya terjadi ketika jaringan yang mengelilingi sendi atau tendon keluar dari tempatnya.

Di dalam kista adalah cairan kental mirip dengan yang ditemukan pada sendi atau sekitar tendon.

Gejala

Gejala kista ganglion umumnya adalah:
1. Benjolan yang membesar di dekat pergelangan tangan atau sendi jari
2. Bulat, kenyal, dan halus
3. Berisi cairan
4. Ukuran tergantung pada tingkat aktivitas sendi, menjadi lebih besar ketika sering menggerakkan sendi yang terkena dan tumbuh lebih kecil ketika sendi banyak diistirahatkan
5. Biasanya tidak sakit, meskipun dalam beberapa kasus kista dapat menyebabkan tekanan pada saraf dekat sendi, yang dapat menyebabkan rasa sakit, kelemahan, atau mati rasa.

Dalam beberapa kasus kista ini tidak menimbulkan benjolan sehingga hanya dapat dideteksi menggunakan MRI atau USG.

Kista ganglion dengan tipe tersebut biasa disebut dengan hidden ganglion cysts (occult ganglions), yang biasanya menyebabkan rasa sakit.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6hKbCmQ39CSffqGJ2eE6ezl2uUuD5w3r9O1JMrLkS_pXKTqdvVCrBeiVx9EB8Tolyiv_i1aovOPey91MBVDeIj3cUH72ceJ9Gi4zG-6NJ6GHTiU-xQxbM1uBfIdjiVKfMzpFwugpRaGKr/s1600/proses-11.jpg
Pengobatan

Kista ganglion sering tidak berbahaya dan tidak sakit, sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Bahkan, dalam banyak kasus, dokter menyarankan untuk diobservasi saja sebelum menetukan pilihan pengobatan.

Namun, jika kista ganglion menyebabkan rasa sakit atau mengganggu gerakan sendi, dokter dapat merekomendasikan salah satu dari beberapa pilihan pengobatan.

Beberapa pilihan pengobatan kista ganglion yang dapat direkomdasikan, antara lain:

1. Imobilisasi
Karena aktivitas sendi dapat membuat kista ganglion tumbuh lebih besar, dokter dapat merekomendasikan memakai balutan atau pembebat pada pergelangan tangan untuk imobilisasi daerah tersebut.

Hal tersebut dapat membantu daerah yang terkena untuk beristirahat, sehingga dapat membantu mengecilkan kista. Ketika kista menyusut, maka dapat mengurangi tekanan pada saraf, sehingga dapat menghilangkan rasa sakit.

2. Aspirasi
Dalam aspirasi, dokter akan menguras cairan dari kista. Untuk melakukannya, dokter akan melakukan prosedur anestesi lokal. Kemudian, dokter menusuk kista dengan jarum dan mengambil cairan dari dalam kista dengan jarum suntik.

Dokter mungkin menyarankan suntikan steroid ke kista yang kosong setelah aspirasi. Setelah aspirasi, sebanyak 60 persen dari kista ganglion masih dapat kambuh. Jika kista kambuh, aspirasi dapat diulang.

Namun, dalam beberapa kasus dokter dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat kista tersebut.

3. Operasi
Jika memiliki rasa sakit yang signifikan atau kesulitan dengan gerakan sendi, atau jika pengobatan lainnya tidak bekerja, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat kista ganglion.

Dalam kebanyakan kasus, dokter melakukan operasi pada pasien tanpa membutuhkan rawat inap. Sehingga setelah operasi pasien dapat langsung pulang.






sumber :http://www.detikhealth.com/read/2011/11/29/071838/1777735/770/kista-ganglion-kista-pada-tendon-atau-sendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar